BIG NO : TOILET DI ATAS DAPUR Print

Tahukah anda bahwa di tradisi Cina jaman dulu, toilet selalu diletakkan di luar bangunan, sebagai sebuah pavilion tambahan? Toilet secara energy merupakan Sha Qi, yaitu kumpulan energi negatif yang seyogyanya harus dijauhkan supaya tidak mempengaruhi aura positif di dalam rumah. Namun seiring modernisasi dan menjamurnya rumah bartingkat, posisi toilet ditempatkan dalam rumah dan diperlakukan sama seperti ruangan-ruangan lain. 


Masalahnya, posisi kamar mandi sering dibuat tepat di atas dapur, dengan alasan sama-sama membutuhkan jalur air. Hal ini sebuah salah kaprah. Jangan pernah meletakkan sebuah energi negative di atas dapur atau ruang makan anda. 

Alasan Utama : Riskan kebocoran 
 
Penempatan toilet di atas dapur adalah sangat riskan. Jika terjadi kebocoran, tentu seisi dapur akan tercemar. Secara Fengshui yang sudah dijelaskan di atas, energi di dapur sangat terganggu oleh energi negatif toilet. Tapi secara logika dan higienis, sungguh tidak pantas sebuah tempat "kotor" berada di atas area pengolahan makanan, bukan? 

Selama tidak di atas kompor, tidak masalah. Benarkah? 

Ada anggapan bahwa posisi toilet tidak masalah, selama jatuhnya di atas wastafel atau kulkas. Posisi toilet baru akan masalah jika ada di atas kompor. Benarkah itu? 

Secara fengshui, wastafel atau kulkas tetap area bersih. Dan penempatan toilet di atas bagian manapun pada dapur akan mengganggu fengshui bangunan. 

Jangankan di atas dapur, penempatan toilet di atas Pantry, Ruang Makan termasuk Big No-No. Silahkan tempatkan toilet anda di atas area service, atau lebih idealnya : di atas toilet lantai bawah. 

Diskusikanlah dengan arsitek anda mengenai hal ini. Seharusnya prinsip umum fengshui tersebut akan otomatis diterapkan, tanpa diminta oleh owner. 

***